Blog Tentang Wanita Khususnya Kesehatan, Kecantikan dan Gaya Hidup

Wednesday 14 October 2015

6 Tips Praktis Kecilkan Pori-Pori Wajah

Pori-pori wajah yang halus sangat menunjang kecantikan wanita. Setiap wanita tentu ingin memiliki pori-pori wajah yang kecil dan halus. Dengan pori-pori wajah yang halus kita tidak akan kesulitan dalam memilih riasan wajah yang cocok. Sebaliknya, pori-pori wajah yang lebar akan terlihat kasar di wajah dan sulit untuk ditutupi. Hal ini akan berpengaruh pada kepercayaan diri wanita.

6 Tips Praktis Kecilkan Pori-Pori Wajah

Jika Anda memiliki pori-pori wajah yang besar, tak perlu khawatir. Ada beberapa tips praktis untuk mengecilkan pori-pori wajah Anda. Berikut ini beberapa tips praktis kecilkan pori-pori wajah.

1. Bersihkan wajah minimal 2 kali sehari

Wajah minimal harus dibersihkan 2 kali sehari, saat pagi dan sore hari setelah selesai beraktivitas. Jangan biarkan sisa make up menempel pada wajah Anda. Bersihkan wajah dengan pembersih yang memiliki pH seimbang untuk membersihkan kotoran, minyak dan komedo di wajah.

2. Scrubbing untuk membantu pengelupasan

Scrubbing dapat membantu pengelupasan kulit kering dan sel kulit mati lebih efektif. Kulit kering dan kulit mati dapat menjadi penyebab pori-pori wajah semakin besar. Gunakan scrub yang sesuai dengan jenis kulit wajah Anda. 

3. Tabir surya (sunblock) sebagai pelindung

Saat hendak beraktivitas di luar rumah, jangan lupa untuk memakai tabir surya (sunblock) agar tak merusak kulit wajah. Sinar UV-A dan UV-B dapat menghasilkan radikal bebas dan membakar lapisan luar kulit wajah. 

4. Rajin olahraga

Olahraga rutin setiap harinya dapat meregenerasi dan  mengencangkan kulit secara alami. Lakukan jenis olahraga yang Anda sukai dan lakukan setiap hari antara 30-60 menit.

5. Uap wajah herbal

Uap wajah dengan bahan-bahan alami juga dapat Anda praktekkan untuk mengecilkan pori-pori wajah. Gunakan minyak zaitun, scrub dan ekstrak lemon, estrak bunga mawar, daun mint serta susu dan masukkan kedalam air hangat berisi handuk. Lalu letakkan handuk hangat tersebut pada wajah selama 10-15 menit. Kemudian bersihkan dengan air dingin. 

6. Gunakan bahan alami sebagai masker wajah

Bahan-bahan alami sangat bagus dijadikan sebagai masker wajah untuk mengecilkan pori-pori. Gunakan masker ini minimal 2 hari sekali atau seminggu sekali. Berikut beberapa bahan alami yang dapat Anda jadikan sebagai masker wajah.
  • Timun dan apel
  • Cara membuatnya : Parut halus timun dan apel hingga menjadi bubur masker. Lalu lulurkan pada wajah secara merata. Diamkan selama 10 menit dan bilas dengan air bersih.
  • Tomat 
  • Cara membuatnya : Blender tomat hingga halus lalu oleskan pada wajah secara merata. Diamkan sesaat dan bilas dengan air bersih.
  • Putih telur
  • Cara membuatnya : Campur putih telur dan madu, aduk hingga rata dan menjadi seperti pasta. Oleskan pada wajah dan diamkan hingga mengering. Bilas dengan air dingin.
  • Jeruk nipis
  • Cara membuatnya : Potong jeruk nipis tipis-tipis lalu tempelkan potongan tersebut pada kulit wajah. Diamkan selama 10 menit lalu bilas dengan air hangat.
  • Gula pasir, madu dan minyak zaitun
  • Cara membuatnya : Campur masing-masing satu sendok gula pasir, madu dan minyak zaitun. Aduk hingga menjadi pasta. Basahi wajah terlebih dahulu lalu oleskan secara merata dengan sedikit pijatan. Diamkan selama 10 menit lalu bilas dengan air bersih.
  • Pepaya
  • Cara membuatnya : Parut pepaya secukupnya hingga halus. Oleskan pada wajah secara menyeluruh. Diamkan selama 10 menit lalu bilas dengan air hangat.
  • Baking soda
  • Cara membuatnya : Tuang satu sendok baking soda ke dalam wadah berisi air. Aduk dan gunakan air baking soda tersebut untuk membilas wajah. Biarkan selama 2 menit lalu bilas dengan air dan keringkan dengan handuk.
6 Tips Praktis Kecilkan Pori-Pori Wajah
Rutin melakukan beberapa tips perawatan di atas akan membuat pori-pori wajah mengecil. Jika terus dilakukan maka tak mustahil pori-pori wajah menjadi sangat halus. Lakukan dengan telaten dan penuh kesabaran untuk hasil maksimal. 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 6 Tips Praktis Kecilkan Pori-Pori Wajah

1 comments: