Blog Tentang Wanita Khususnya Kesehatan, Kecantikan dan Gaya Hidup

Thursday 1 October 2015

9 Penyebab Ketidaksuburan Pada Wanita

Setiap wanita pasti ingin subur dan memiliki keturunan sebagai penerus keluarga. Namun demikian, tidak semua wanita bisa merasakan hal tersebut. Banyak wanita kemudian menjadi stres, depresi karena mengalami ketidaksuburan (infertilitas).

Untuk mengantisipasi hal tersebut, ada baiknya jika kita menjaga diri dari ancaman ketidaksuburan. Infertilitas dapat dihindari dengan mengetahui penyebabnya. Berikut ini beberapa faktor yang dapat menjadi penyebab terjadinya ketidaksuburan pada wanita.

9 Penyebab Terjadinya Ketidaksuburan Pada Wanita

Faktor Internal

Faktor internal merupakan penyebab ketidaksuburan yang terjadi di dalam organ tubuh wanita. Faktor internal bisa bersifat permanen atau hanya sementara. Jika bersifat sementara, maka ada peluang untuk dapat disembuhkan dengan berbagai upaya. Berikut ini beberapa kondisi yang menyebabkan ketidaksuburan wanita ditinjau dari faktor internalnya.

9 Penyebab Ketidaksuburan Pada Wanita

1. Tidak menghasilkan sel telur

Organ wanita yang tidak dapat menghasilkan sel telur dapat diakibatkan oleh beberapa kondisi tertentu. Biasanya kasus ini sering disebut dengan gagal matang sel telur (ovum). Dengan tidak adanya sel telur maka tidak ada yang dapat dibuahi oleh sperma. 

2. Sel telur dan sperma gagal bertemu

Gagalnya pertemuan antara sel telur dan sperma di dalam rahim ini dapat diakibatkan beberapa organ dalam mengalami gangguan. Misalnya, tersumbatnya saluran sel telur sehingga pertemuan sel telur dan sperma mengalami kegagalan. Kegagalan ini menyebabkan gagalnya pembuahan.

3. Penyakit pada organ reproduksi

Penyakit yang timbul pada organ reproduksi wanita dapat manjadi faktor penyebab gagalnya pembuahan. Penyakit tersebut meliputi endometriosis, kelainan leher rahim, kelainan rongga dan mulut rahim,  kelebihan dan kekurangan hormon, tumor, menopause dini, kelainan kelenjar tiroid dan anatomi bawaan, adesi, keputihan dan lain sebagainya. 

4. Usia wanita

Usia juga merupakan hal penting dalam kesuburan. Umumnya wanita yang berusia 40-45 tahun keatas mengalami ketidaksuburan. Oleh karena itu, perhatikan usia saat menikah dan target memiliki anak.

5. Berat badan 

Berat bada merupakan faktor penunjang ketidaksuburan pada wanita. Biasanya dipengaruhi oleh gaya hidup tidak sehat dan makanan yang tidak terkontrol. Ada baiknya melakukan diet sehat untuk mencapai berat badan yang ideal.

6. Gizi makanan

Apa yang kita makan juga menjadi faktor subur tidaknya seorang wanita. Konsumsi makanan yang kurang gizi dapat memperburuk kerja tubuh sehingga bisa mengalami ketidaksuburan. Perhatikan asupan makanan dan pola makan yang baik. 

Faktor Eksternal

9 Penyebab Terjadinya Ketidaksuburan Pada Wanita

Selain dari dalam diri seorang wanita, ketidaksuburan juga dipengaruhi oleh faktor luar (eksternal) yang meliputi :

7. Gaya hidup tidak sehat

Gaya hidup praktis dan serba enak bisa menjadi boomerang bagi seorang wanita jika tidak mampu mengelolanya dengan baik. Gaya hidup dengan makanan serba instant, gerak tubuh yang semakin berkurang, kurang olahraga, kurang tidur, dan stres yang tidak terkontrol dapat menjadi penunjang ketidaksuburan pada wanita.

8. Merokok

Bagi wanita, merokok bukan hanya buruk bagi kesehatan pribadinya namun juga memperburuk kesehatan sel telurnya. Kualitas sel telur menurun dan potensi menopause dini semakin besar. Hal inilah yang memicu ketidaksuburan pada wanita.

9. Seks bebas

Seks bebas ternyata bisa menjadi penyebab ketidaksuburan pada wanita. Selain beresiko terkena penyakit menular, seks bebas juga dapat mengganggu fungsi hormon dalam tubuh. Belu lagi jika dilakukan terlalu dini dan pernah menggugurkan kandungan. Maka potensi ketidaksuburan akan semakin besar. 

Penutup
9 Penyebab Terjadinya Ketidaksuburan Pada Wanita

Dengan mengetahui penyebab terjadinya ketidaksuburan pada wanita, diharapkan sebagai kaum wanita, kita harus berhati-hati dalam menjaga kesehatan. Menjaga pola hidup sehat dan memeriksakan diri ke dokter perihal kesehatan organ reproduksi kita merupakan pilihan yang baik. Selain itu, kesadaran diri untuk tidak melakukan hal-hal yang merugikan kesehatan demi keturunan kita adalah poin yang harus selalu diingat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 9 Penyebab Ketidaksuburan Pada Wanita

1 comments: