Blog Tentang Wanita Khususnya Kesehatan, Kecantikan dan Gaya Hidup

Thursday 3 March 2016

4 Kebiasaan Sepele Penyebab Rambut Rontok

Bagi wanita, rambut adalah mahkota yang kesehatan dan kecantikannya harus dijaga dengan baik. Tak jarang wanita menghabiskan banyak uang untuk melakukan perawatan di salon-salon mahal. Belum lagi produk-produk perawatan juga digunakan untuk melindungi kesehatan rambutnya. Namun, seringkali mereka lupa kebiasaan sepele yang sering mereka lakukan justru menjadi penyebab rambut rontok. 

4 Kebiasaan Sepele Penyebab Rambut Rontok
Rambut rontok bukan hanya karena kesalahan merawat rambut. Justru kebiasaan yang tidak kita sadari sering menjadi penyebab rontoknya rambut. Nah, berikut ini 4 kebiasaan sepele yang dapat menyebabkan rambut rontok.

1. Menyisir Rambut Saat Masih Basah

Rambut yang masih basah lebih rapuh. Sehingga tidak disarankan untuk menyisirnya dalam keadaan basah. Kebiasaan sepele ini seringkali dilakukan oleh para wanita. Padahal inilah kebiasaan yang menyebabkan rambut rontok. Sebaiknya, keringkan terlebih dahulu, bisa dengan bantuan hairdryer kemudian menyisirnya.
2. Menyisir dengan Sisir Kotor

Biasanya kita jarang sekali mengecek kondisi kebersihan sisir kita. Bahkan, kita sampai lupa kapan terakhir kali membersihkannya. Padahal sisir yang kotor dapat membuat kotoran berpindah ke kulit kepala. Kotoran yang menumpuk di kulit kepala membuat pori-pori tersumbat. Efeknya, rambut menjadi tidak sehat dan mudah rontok. Sebaiknya, rutinkan mencuci sisir setiap beberapa minggu sekali.
3. Mengonsumsi Makanan yang Salah

Makan-makanan yang salah bisa juga menjadi penyebab rontoknya rambut. Jika makanan yang kita makan tidak mencukupi kebutuhan nutrisi pada tubuh bisa menyebabkan pasokan nutrisi ke rambut juga minim. Hasilnya rambut terlihat kering, kusam dan mudah rontok. Sebaiknya cukupi kebutuhan proten dan zat besi yang diperlukan untuk kesehatan rambut.
4. Mengikat Rambut Terlalu Kencang

Terlalu lama dan terlalu kuat mengikat rambut juga bisa membuat rambut rontok. Selain rambut tidak dapat bernafas dengan baik, ikatan yang terlalu kencang juga dapat mengendurkan elastisitas kulit dan rambut. Oleh sebab itu, jangan terlalu kuat saat mengikat rambut. Lakukan seperlunya saja agar rambut tidak berantakan.
Nah, dengan menyadari beberapa kebiasaan tersebut Anda akan lebih terhindar dari kerusakan rambut terutama rambut rontok. Menjaga kesehatan rambut harus dimulai dengan kebiasaan yang benar, lalu ditunjang dengan perawatan yang benar.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 4 Kebiasaan Sepele Penyebab Rambut Rontok

1 comments:

  1. wew...rambut panjang itu sudah sangat rentan rontok..apalagi kalau salah perawatan...

    ReplyDelete