Blog Tentang Wanita Khususnya Kesehatan, Kecantikan dan Gaya Hidup

Monday 7 March 2016

Ini Bahayanya Jika Makan Terlalu Kenyang

Segala sesuatu yang berlebihan pasti memiliki efek negatif. Begitu pula saat kita makan terlalu kenyang. Makan terlalu kenyang dapat berbahaya bagi kesehatan. Idealnya, sistem pencernaan memiliki kapasitas untuk menampung dan memproses makanan. Makan terlalu banyak dapat membuat beban sistem pencernaan semakin berat bekerja.

Ini Bahayanya Jika Makan Terlalu Kenyang

Apalagi jika makanan yang kita konsumsi adalah makanan yang kurang sehat dan diolah dengan cara yang kurang menyehatkan. Maka, makan terlalu kenyang tidak hanya membuat perut sesak namun juga mengganggu kesehatan. Berikut ini beberapa bahaya yang ditimbulkan akibat makan terlalu kenyang.

1. Berat badan meningkat pesat

Makan dalam porsi terlalu banyak pasti akan menyebabkan kenaikan berat badan secara pesat. Selain itu, makan terlalu kenyang menyebabkan orang menjadi malas bergerak dan berolahraga. Apalagi jika makanan yang dikonsumsi kurang bernutrisi bagi tubuh. Berat badan yang meningkat pesat tersebut berpotensi pada obesitas. Kita tahu bahwa obesitas merupakan pintu gerbang beberapa penyakit seperti penyakit jantung, stroke dan darah tinggi. 

2. Cepat lelah hingga masalah pencernaan

Selain menyebabkan rasa malas, makan terlalu kenyang juga akan membuat aktivitas Anda menjadi lebih lambat. Makanan dengan kadar lemak tinggi dan gula buatan tidak akan menyimpan energi lebih lama. Akibatnya, tubuh menjadi mudah lelah. Bahkan, tak jarang orang yang kekenyangan mengalami masalah pencernaan seperti, perut kembung dan dipenuhi gas. Selain itu, perut juga akan terasa sesak dan sakit pada tulang dan persendian terutama di area punggung bawah dan pinggang.

3. Mengganggu kesehatan mental

Kebiasaan makan terlalu kenyang ternyata juga dapat berimbas pada kesehatan mental. Saat berat badan meningkat dan tidak terkontrol maka akan merusak penampilan Anda. Tentu saja kondisi ini akan menyebabkan menurunnya percaya diri, menimbulkan depresi, kecemasan dan mengganggu aktivitas seksual Anda. 

4. Resiko penyakit lain

Dalam jangka panjang, kebiasaan terlalu sering kekenyangan ini akan terakumulasi dan memicu resiko penyakit lain yang berbahaya. Antara lain : gangguan tidur, kolesterol, diabetes tipe 2, penyakit kandung kemih, hingga kanker.

Oleh karena itu, sebaiknya hindari makan secara berlebihan. Makanlah disaat lapar dan berhentilah sebelum kenyang. Selain itu, konsumsilah makanan yang rendah kalori namun kaya nutrisi seperti buah dan sayur. Kedua makanan ini mengandung serat tinggi yang membuat Anda merasa kenyang lebih lama, sehingga Anda akan lebih terkontrol dan makan dalam porsi yang cukup.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Ini Bahayanya Jika Makan Terlalu Kenyang

0 comments:

Post a Comment