Blog Tentang Wanita Khususnya Kesehatan, Kecantikan dan Gaya Hidup

Sunday 6 March 2016

Kebiasaan-kebiasaan Ini Membuat Ketiak Anda Hitam

Memiliki ketiak hitam tentu akan membuat kepercayaan diri Anda pudar. Padahal, Anda ingin sekali bergaya dengan baju tanpa lengan kesukaan. Belum lagi untuk bergerak bebas, Anda menjadi tidak lepas dan sangat berhati-hati. 

Kebiasaan-kebiasaan Ini Membuat Ketiak Anda Hitam

Ketiak hitam ini mungkin masalah yang banyak juga dialami oleh para wanita. Sebelum Anda mengambil langkah perawatan untuk ketiak hitam, Anda harus tahu dulu apa yang menjadi penyebabnya. Dengan begitu Anda dapat menghindari penyebab tersebut, kemudian melakukan perawatan untuk membuat ketiak Anda lebih cerah. Nah, berikut ini kebiasaan-kebiasaan yang bisa membuat ketiak Anda hitam. 

1. Sering Berkeringat
Saat berkeringat, bagian ketiak akan terasa basah dan lembab. Keringat mengandung asam yang dapat membuat ketiak menjadi hitam. Apalagi jika Anda sering berkeringat dalam waktu yang lama. 

2. Mencukur Bulu Ketiak
Mencabut atau mencukur bulu ketiak dengan cara yang salah dan tidak hati-hati dapat membuat lecet mikro pada kulit ketiak. Kulit ketiak memang lebih tips dan sensitif sehingga renta terkena goresan. Lecet akibat goresan saat mencabut atau mencukur membuat kulit ketiak menggelap.

3. Sering Menggaruk Ketiak
Biasanya bagian ketiak yang kurang terjaga kebersihannya membuat gatal. Rasa gatal ini sering kita respon dengan menggaruknya. Padahal kebiasaan menggaruk ini dapat membuat ketiak mengalami iritasi dan membuat ketiak menjadi gelap.

4. Pemakaian Deodoran
Memakai deodorant yang mengandung alkohol atau merkuri dapat membuat warna kulit ketiak menjadi lebih gelap. Alasannya, merkuri dan alkohol tersebut dapat membuat iritasi dan merubah pigmen kulit pada ketiak.

5. Menggunakan Produk Penghilang Bulu
Bahan kimia yang digunakan untuk menghilangkan bulu di ketiak juga bisa membuat kulit ketiak menjadi gelap. Produk penghilang bulu berbahan kimia keras tersebut dapat menyebabkan iritasi, gatal, ruam dan gangguan kulit lainnya pada ketiak.

6. Tertumpuknya Sel Kulit Mati
Tertumpuknya sel kulit mati di bagian ketiak akan membuat kulit ketiak terasa kering dan kusam. Ujung-ujungnya jika tak segera dibersihkan akan membuat kulit ketiak menjadi hitam. Merawat dan membersihkan kulit akan mencegah kulit mati yang tertumpuk di bagian ketiak.

7. Acanthosis Nigricans
Acanthosis Nigricans yaitu kondisi kulit yang menebal dan menjadi gelap dengan tekstur seperti beludru di lipatan tubuh. Biasanya pertumbuhan kulit yang tidak normal merupakan indikasi adanya resistensi insulin dan obesitas.

8. Gesekan dengan Pakaian 
Gesekan antara pakaian ketat yang Anda gunakan dengan kulit ketiak menyebabkan perubahan warna kulit ketiak menjadi gelap. Hal ini dikarenakan lemak di bawah lengan terakumulasi sehingga membuatnya saling bergesekan dengan pakaian.

9. Berat Badan Meningkat
Berat badan yang meningkat pesat menyebabkan penumpukan lemak di beberapa bagian seperti ketiak. Tumpukan lemak ini membuat intensitas gesekan pada kulit ketiak meningkat sehingga menimbulkan iritasi dan lecet yang dapat membuat kulit ketiak menjadi hitam.

Nah, dengan mengetahui beberapa kebiasaan penyebab kulit ketiak menghitam ini, Anda dapat segera menghindarinya. Langkah selanjutnya yaitu melakukan perawatan untuk mencerahkan kulit ketiak Anda.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Kebiasaan-kebiasaan Ini Membuat Ketiak Anda Hitam

0 comments:

Post a Comment