Blog Tentang Wanita Khususnya Kesehatan, Kecantikan dan Gaya Hidup

Wednesday 23 September 2015

5 Langkah Atasi Wajah Berminyak

Minyak pada wajah dalam kadar normal berfungsi untuk melindungi kulit dari debu yang masuk ke pori-pori dan menjaga peremajaan kulit sekaligus mengeyalkan. Jika terjadi produksi minyak berlebih, justru dapat berakibat buruk bagi kulit wajah. Wajah akan terlihat kusam dan mudah kotor sehingga memicu munculnya jerawat dan komedo. 

5 Langkah Atasi Wajah Berminyak

Minyak berlebih pada wajah disebabkan karena faktor genetik (keturunan), ketidakseimbangan hormon (masa pubertas dan kehamilan), penggunaan kosmetik yang salah, gaya hidup tidak sehat, makanan berminyak, dan stres. Apabila ini terjadi, maka Anda harus segera mengambil langkah perawatan untuk mengatasi kulit berminyak. 

Berikut ini 5 langkah atasi wajah berminyak.

1. Sesuaikan produk kecantikan dengan jenis kulit

Langkah pertama untuk mengatasi wajah berminyak adalah segera menyesuaikan produk kecantikan dengan jenis kulit. Pilihlah produk yang khusus untuk kulit berminyak. Biasanya berbahan dasar gel atau air dan berasal dari bahan-bahan alami. 

2. Gunakan pembersih wajah

Wajah berminyak akan lebih mudah terpapar oleh debu dan polusi udara. Jika sudah tertempel kotoran maka wajah akan menjadi kusam, kotor dan lengket. Pada akhirnya munculah jerawat dan komedo. Sebelum itu terjadi, rajin bersihkan wajah dengan pembersih wajah untuk kulit berminyak. Gunakan facial wash berbahan air dan gel serta bebas alkohol. Bersihkan minimal 2 kali sehari, tergantung dari aktivitas harian Anda.

3. Scrub dan masker untuk kulit baru

Langkah selanjutnya yaitu dengan menggunakan scrub dan masker untuk regenerasi sel kulit baru. Scrubbing akan mengangkat sel kulit mati dan menggantinya dengan sel kulit baru. Dengan scrubbing, wajah Anda akan terbebas dari kusam dan kotor. Selanjutnya gunakan masker untuk menghaluskan pori-pori wajah. Gunakan masker berbahan alami agar tak merusak struktur kulit wajah. Lakukan scubbing dan masker wajah ini setidaknya 3-4 kali seminggu. 

4. Jangan lupakan pelembab wajah

Pelembab wajah juga penting dalam perawatan agar kulit wajah tetap lembab, tidak keriput dan menghambat penuaan. Gunakan pelembab berbahan dasar air dan gel. Gunakan 5-10 menit setelah Anda membersihkan wajah. Pastikan kulit wajah dalam keadaan kering saat menggunakan pelembab wajah.

5. Proteksi dengan tabir surya

Langkah terakhir yaitu lengkapi perawatan wajah berminyak Anda dengan tabir surya. Tabir surya berfungsi untuk memproteksi wajah dari sengatan sinar matahari. Sinar mataharidapat menjadi penyebab dehidrasi kulit dan penuaan dini. Gunakan produk tabir surya dengan kandungan SPF tinggi agar dapat melindungi kulit wajah lebih maksimal.

Kulit berminyak dapat diatasi dengan mudah, asalkan konsisten merawatnya. 5 langkah diatas merupakan cara yang paling sederhana dan mudah untuk mengatasi wajah berminyak. 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 5 Langkah Atasi Wajah Berminyak

0 comments:

Post a Comment