Blog Tentang Wanita Khususnya Kesehatan, Kecantikan dan Gaya Hidup

Monday 14 September 2015

6 Tips Atasi Nyeri Haid Tanpa Obat Kimia

Nyeri haid pada umumnya disebabkan oleh kontraksi dinding rahim yang mengakibatkan menyempitnya pembuluh darah sehingga mengalami iskemi jaringan. Nyeri haid adalah masalah yang rutin dialami oleh setiap wanita. Perbedaannya adalah kadar nyeri yang dirasakan. Ada yang merasakan hanya sedikit rasa nyeri sehingga tidak mengganggu aktivitas hariannya. Sedangkan, sebagian besar wanita mengalami nyeri haid yang tak tertahankan sehingga mengganggu rutinitas pekerjaan.

6 Tips Atasi Nyeri Haid Tanpa Obat Kimia

Bagi sebagian wanita, mengkonsumsi obat kimia penghilang rasa nyeri mungkin menjadi pilihan yang mudah. Namun, banyak yang tidak terbiasa mengkonsumsi obat karena ketidakjelasan efek samping yang ditimbulkan di kemudian hari. Apalagi jika harus sering mengkonsumsi obat kimia.

Oleh karena itu, berikut ini beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mengatasi nyeri haid tanpa obat kimia, namun ampuh luar biasa. 
1. Kompres Hangat dan Dingin

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah mengkompres bagian bawah perut dengan kompres hangat maupun dingin. Kompres hangat diperlukan untuk membuat otot lebih rileks dan membantu pelebaran pembuluh darah sehingga peredaran darah lancar. Sedangkan kompres dingin diperlukan untuk menurunkan aktivitas saraf otot, membantu mngontrol pendarahan, pembengkakan dan penurunan metabolik.

Anda dapat memilih kompres hangat atau dingin sesuai dengan yang Anda rasakan. Caranya sama yaitu isi kantong karet dengan air hangat/es lalu tempelkan pada bagian tubuh yang nyeri. Bisa juga menggunakan handuk yang dicelukan air hangat atau air es. Saat mengkompres dingin sebaiknya jangan lebih dari 30 menit agar tidak mengalami kematian sel. 

2. Pijat dengan Lembut

Langkah selanjutnya, Anda dapat melakukan pijatan lembut pada bagian bawah perut hingga pinggang. Gunakan minyak aromateraphy untuk membantu pemijatan agar lebih lembut. Lakukan gerakan memutar pada bawah perut dengan jari searah jarum jam. Lakukan hingga nyeri terasa ringan dan mereda. 

Anda juga bisa melakukan pijatan ini sambil melakukan pengompresan dengan air hangat agar efek relaksasi lebih cepat terasa. 

3. Minum Kunyit Asam

Kunyit asam dipercaya sejak dahulu dapat meringankan nyeri haid. Kini, kunyit asam dapat Anda dapatkan dengan mudah di toko jamu terdekat. Namun, jika Anda ingin membuatnya sendiri agar lebih alami, caranya pun cukup mudah. Berikut beberapa bahan dan cara membuatnya :
  • siapkan beberapa ruas kunyit, jahe dan kencur
  • parut semua bahan tersebut lalu peras dan rebus air perasan tersebut
  • tambahkan asam jawa dan gula merah
  • minumlah selagi hangat 2 kali sehari untuk meredakan nyeri haid
Jika Anda tak memiliki bahan-bahan diatas, Anda bisa juga menyeduh jahe hangat untuk meredakan nyeri haid. Lebih bagus lagi jika ada tambahan susu, telor dan madu. Hindari mengkonsumsi teh dan kopi, apalagi minuman beralkohol karena dapat memperparah nyeri haid Anda.

4. Posisikan Diri Senyaman Mungkin

Ada beberapa posisi tubuh yang dapat membuat Anda nyaman dan nyeri haid ringan. Salah satunya yaitu dengan berbaring. Berbaringlah dan angkat kaki sedikit, ganjal dengan bantal. Cara berbaring lain yaitu dengan berbaring miring dan lutut ditekuk.

Posisi lain yang mungkin dapat membuat Anda nyaman yaitu dengan menungging beberapa saat. Posisi ini akan membuat rahim tergantung ke bawah. Setelah sedikit reda, kembali pada posisi berbaring agar lebih nyaman.

5. Lakukan Senam Relaksasi

Senam relaksasi dapat membantu Anda melancarkan aliran darah yang terhambat saat menstruasi. Gerakan-gerakan ringan seperti yoga dapat membuat aliran darah lancar dan stress hilang. Lakukan sambil mengarkan musik-musik lembut untuk mempercepat suasana tenang dan relaksasi diri. 

Jika Anda memiliki waktu luang, maka melakukan senam ringan atau olahraga ringan seperti jogging atau berjalan kaki 30 menit sehari dapat membantu melancarkan haid dan menghilangkan nyeri haid.

6. Mandi Air Hangat

Jika nyeri haid belum reda, langkah terakhir, mandilah dengan air hangat. Mandi air hangat dapat merelaksasikan tubuh dan meredakan nyeri haid. 

Selain keenam tips diatas, Anda juga harus memperhatikan makanan yang Anda konsumsi dan waktu istirahat. Makanlah makanan yang banyak mengandung zat besi seperti sayur bayam, kacang-kacangan, ubi rambat merah dan lainnya. Camilan kacang juga dapat membantu. Selain itu, penuhi waktu istirahat Anda agar tubuh segar dan rileks. Jika nyeri haid Anda semakin bertambah daa mengakibatkan Anda tidak dapat beraktivitas sebaiknya segera konsultasikan kepada Dokter.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 6 Tips Atasi Nyeri Haid Tanpa Obat Kimia

1 comments: