Blog Tentang Wanita Khususnya Kesehatan, Kecantikan dan Gaya Hidup

Wednesday 16 September 2015

Cara Cepat Menurunkan Berat Badan Dalam 7 Hari

Hampir semua wanita ingin memiliki tubuh yang langsing dan ideal. Namun, banyak diantaranya menggunakan cara yang salah dalam menurunkan berat badan. Terlalu banyak mengkonsumsi pil pelangsing, diet ketat yang menyiksa justru berakibat buruk pada kesehatan. 

Menurunkan berat badan secara cepat pada dasarnya dapat kita lakukan dengan meluruskan kembali kebiasaan-kebiasaan sehat kita, membentuk mindset yang benar tentang diet sehat dan melakukan diet dengan benar. 

Cara Cepat Menurunkan Berat Badan Dalam 7 Hari

Menurunkan berat badan dalam 7 hari bukan hal yang mustahil jika Anda melakukan beberapa cara berikut ini dengan konsisten. Persiapkan mental Anda dan lakukan kebiasaan-kebiasaan sehat dengan meninggalkan pantangan-pantangan diet. Berikut ini cara cepat menurunkan berat badan dalam 7 hari yang bisa Anda lakukan.

1. Sadari penyebab gemuk


Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menyadari penyebab gemuk bagi diri Anda sendiri. Ini penting untuk membantu program penurunan berat badan. Biasanya tubuh gemuk berawal dari kebiasaan sepele yang tidak disadari dan ini memicu penumpukan lemak dan kolesterol di beberapa bagian. Secara umum berikut ini beberapa penyebab gemuk yang dapat menjadi perhatian.
  • Porsi makan yang tak terkendali paling mudah membuat tubuh menjadi gemuk. Apalagi kini kita bisa mendapatkan makanan enak dengan mudah sehingga ola makan tak terkontrol. 
  • Hobi mengkonsumsi makanan yang serba cepat dan instant. Belum lagi ditambah dengan jajanan atau camilan yang kaya kalori dan kolesterol. 
  • Kondisi stres juga dapat membuat tubuh menjadi gemuk. Hal ini dikarenakan pengaruh hormon kortisol berlebih yang membebaskan gula dari otot tubuh. 
  • Terlalu banyak mengkonsumsi obat anti depresi untuk mengurangi stress. Obat-obatan seperti itu dapat memperlambat proses metabolisme dalam tubuh dan mengganggu keseimbangan hormon yang pada akhirnya menyebabkan tubuh menjadi gemuk.
  • Faktor genetika. Biasanya jika Anda memiliki silsilah anggota keluarga bertubuh gemuk, maka Anda juga dengan mudah menjadi gemuk jika tidak memperhatikan pola hidup. 
2. Atur sarapan sehat kaya protein

Menurunkan berat badan tidak berarti menghindari sarapan pagi. Menghindari sarapan justru membuat proses metabolisme tubuh melambat. Yang perlu Anda lakukan justru mengatur sarapan pagi dengan menu yang sehat. Makan makanan yang kaya akan protein sangat dianjurkan di pagi hari. Atur porsi makanan secukupnya, jangan terlalu banyak.

3. Penuhi kebutuhan air putih

Dalam program menurunkan berat badan, air putih memegang peranan yang signifikan. Air putih membantu Anda memperlancar metabolisme tubuh dan meningkatkan hidrasi sel-sel tubuh. Oleh karena itu, awali pagi hari dengan segelas air putih. Lebih menyehatkan jika ditambahkan sedikit perasan lemon. Selanjutnya, konsumsi air putih sesuai kebutuhan. Kurang lebih 2 liter air atau 8 gelas perhari. Disarankan untuk selalu mengawali makan dengan air putih dan mengakhirinya dengan air putih pula.

4. Olahraga secara rutin dan teratur

Olahraga merupakan satu-satunya cara untuk menurunkan berat badan secara signifikan. Karena, ketika berolahraga, terjadi proses pembakaran lemak secara cepat. Anda tidak perlu melakukan olahraga berat. Cukup olahraga ringan seperti jogging, sit up, push up, senam aerobik, yoga atau olahraga lain yang melibatkan banyak gerak dan olah nafas. Yang terpenting adalah lakukan dengan rutin dan teratur. Lakukan minimal seminggu 4 kali dalam durasi setidaknya 30 menit. 

5. Makan siang kaya serat

Makan siang kadang menjadi ajang balas dendam karena tidak sarapan di pagi hari. Dengan teratur sarapan sehat maka, makan siang Anda juga akan terkendali. Jika pagi dianjurkan makanan yang lebih banyak proteinnya, maka di siang hari dianjurkan makan dengan makanan yang lebih banyak mengandung serat. Makanan kaya serat banyak ditemui pada bauh dan sayur-sayuran hijau. Bukan berarti tidak boleh makan siang mengandung protein, tapi perbandingannya lebih banyak serat lebih baik. 

6. Perhatikan menu makan malam

Saat malam hari, aktivitas tubuh tidak terlalu banyak. Mengurangi makanan berkarbohidrat sangat disarankan ketika makan malam. Perbanyak konsumsi serat dari sayuran dan buah. Olahan sayur yang disarankan yaitu dengan cara direbus atau dikukus. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari makanan berminyak atau digoreng. Makanan yang digoreng akan menyimpan lemak yang dapat menyebabkan gemuk. Waktu makan malam juga harus diperhatikan. Sebaiknya beri jeda antara makan malam dan tidur selama 4 jam agar lemak tak tertimbun dalam tubuh.

7. Tips lain

Tips-tips lainnya yang mungkin bisa menjadi perhatian saat melakukan program menurunkan berat badan adalah
    Cara Cepat Menurunkan Berat Badan Dalam 7 Hari
  • Kenali karbohidrat kompleks dan karbohidrat sederhana. Karbohidrat sederhana seperti, mie, pasta, nasi lebih mudah tertimbun menjadi lemak. Sebaiknya ganti dengan karbohidrat kompleks seperti beras merah, gandum, oatmeal untuk progra penurunan berat badan.
  • Perhatikan pola tidur. Pola tidur berpengaruh terhadap tingkat kebugaran tubuh, stres dan produksi hormon kortisol. Pastikan tubuh tidur selama 6-8 jam per hari.
  • Jangan menunda makan/telat makan. Hal ini sering menjadi sebab makan dalam porsi berlebih. Jika tidak maka akan mendorong tubuh menjadi lemas dan stres.
  • Hindari gorengan dan minuman bersoda. Hal ini berkaitan dengan jumlah kalori yang sangat tinggi dalam minuman bersoda. Apalagi jika dikolaborasikan dengan gorengan yang mengandung banyak minyak berlemak.
8. Komitmen 

Langkah terakhir adalah komitmen. Komitmen untuk menjalani program penurunan berat badan ini secara konsisten. Lakukan selama 7 hari pertama dan rasakan yang terjadi pada tubuh. Berapa penurunan berat badan yang terjadi. Tingkatkan pada minggu berikutnya dan seterusnya. Jika pola hidup sehat ini menjadi kebiasaan maka tubuh Anda akan ideal, langsing dan pasti sehat. Terus motivasi diri Anda tentang tubuh ideal yang diidamkan. 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Cepat Menurunkan Berat Badan Dalam 7 Hari

2 comments: