Blog Tentang Wanita Khususnya Kesehatan, Kecantikan dan Gaya Hidup

Monday 30 November 2015

6 Olahraga Untuk Wanita Hamil Muda

Olahraga memang salah satu aktivitas yang baik untuk dilakukan kapanpun. Termasuk saat wanita sedang hamil muda. Olahraga membantu memperbaiki kualitas janin. Selain harus ditunjang dengan makanan yang bergizi tentunya.

Namun, tidak semua olahraga baik untuk wanita yang tengah hamil muda. Olahraga dengan aktivitas berat sangat tidak dianjurkan. Sebaliknya olahraga ringan dengan waktu yang tepat sangat dianjurkan. Nah, setidaknya ada 6 olahraga yang tepat untuk dilakukan wanita hamil muda. Berikut daftarnya.

1. Yoga

Yoga memiliki teknik relaksasi yang baik untuk wanita hamil. Relaksasi bisa menjadi latihan bagi wanita untuk mempersiapkan diri menghadapi persalinan. Selain itu, relaksasi juga membuat wanita hamil lebih tenang dan jauh dari stress. Oleh karena itulah, yoga sangat dianjurkan bagi wanita yang tengah hamil. Aktivitasnya ringan dan membuat hati lebih tenang.

2. Senam Kegel

Saat hamil, wanita pasti mengalami perubahan bentuk tubuh. Senam kegel adalah olahraga yang dapat mengurangi efek nyeri yang ditimbulkan oleh perubahan tersebut. Senam kegel juga efektif mempertahankan berat badan selama kehamilan. Selain itu, senam kegel juga latihan yang tepat untuk mempersiapkan persalinan. Oleh karena itu, senam kegel disarankan untuk dilakukan sejak usia kehamilan masih muda. 

3. Pilates

Pilates memang identik dengan olahraga untuk kehamilan. Olahrga pilates harus didampingi dan diarahkan oleh instruktur berpengalaman. Pilates melatih otot-otot penting yang digunakan wanita selama proses kehamilan dan persalinan. Seperti : otot-otot perut, punggung dan panggul. Namun, latihan pilates juga tidak baik dilakukan secara berlebihan. Instruktur akan melihat kondisi fisik dan memperlambat tempo atau beristirahat jika ibu hamil mulai terngah-engah. 

4. Streching

Streching adalah olahraga ringan yang biasanya digunakan sebagai pemanasan sebelum melakukan olahraga lain. Streching pada wanita hamil sangat baik untuk menurunkan resiko iritasi dan komplilasi. 

5. Aerobik ringan

Aerobik merupakan olahraga dengan gerakan yang aktif. Aerobik dapat meningkatkan kadar oksigen yang dibutuhkan oleh janin dan menyehatkan jantung. Aerobik yang disarankan bagi wanita hamil adalah aerobik ringan dan dilakukan di awal kehamilan. 

6. Berenang

Berenang juga olahraga yang melibatkan seluruh anggota badan untuk bergerak aktif. Berenang juga baik untuk pernafasan dan meringankan tekanan pada punggung dan kaki. Berenang bisa menjadi alternatif olahraga ringan yang menyenangkan bagi wanita hamil. 

Olahraga memang amat perlu dilakukan meskipun dalam keadaan hamil. Namun, yang perlu menjadi perhatian adalah olahrga mana yang tepat dan yang ringan untuk bisa dilakukan dan dinikmati oleh wanita yang sedang hamil. Konsultasikan terlebih dahulu pada dokter kandungan Anda sebelum memutuskan olahrga mana yang tepat. Selamat mencoba dan semoga sehat selalu, ibu dan kehamilannya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 6 Olahraga Untuk Wanita Hamil Muda

1 comments: