Blog Tentang Wanita Khususnya Kesehatan, Kecantikan dan Gaya Hidup

Monday 21 December 2015

Rajin Minum Air Jeruk Nipis Hangat? Ini Manfaatnya!

Jeruk nipis merupakan salah satu jenis buah yang digunakan sebagai bumbu masakan. Selain itu, jeruk nipis juga dikenal sebagai campuran dalam pengobatan beberapa penyakit, seperti batuk, amandel, nyeri haid hingga sakit perut. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin C, kalsium, fosfor, asam askorbat dan senyawa kimiawi seperti  asam sitrat, asam amino, minyak atsiri, damar, glikosida, yang cukup tinggi.

Rajin Minum Air Jeruk Nipis Hangat? Ini Manfaatnya!

Tidak hanya itu, ternyata air jeruk yang diseduh hangat dan dikonsumsi pada malam hari memiliki manfaat yang jauh luar biasa bagi kesehatan. Terlebih jika dikonsumsi saat tubuh kita terasa letih akibat aktivitas harian yang padat. Untuk lebih lengkapnya, berikut ini manfaat yang didapat dari rajin mengonsumsi air jeruk nipis hangat pada malam hari.

1. Menyegarkan pikiran 
Air jeruk nipis hangat yang dikonsumsi pada malam hari dapat membuat otak menjadi rileks sehingga pikiran menjadi lebih tenang. Berbagai kandungan dalam air jeruk nipis akan mengembalikan fungsi organ tubuh menjadi lebih segar. 

2. Mengeluarkan racun 
Malam hari adalah waktu bagi tubuh untuk mengeluarkan racun atau toksi yang mencemari tubuh. Air jeruk nipis hangat membantu proses pengeluaran racun dengan lebih baik. 

3. Menghindari tumor
Jeruk nipis memiliki zat bernama Naringenin yang membantu memperbaiki DNA dalam tubuh sehingga mampu mencegah pertumbuhan tumor. Minum air jeruk hangat dapat mengaktifkan zat tersebut di dalam tubuh untuk menghindari tumor. 

4. Menurunkan berat badan
Rajin minum air jeruk nipis hangat tiap malam hari mampu menurunkan berat badan secara efektif. Hal ini karena kandungan vitamin C yang tinggi, potasium dan asam folat yang mampu mengurangi kadar lemak berlebihan dalam tubuh.

5. Mengurangi kolesterol
Air jeruk nipis yang dikonsumsi secara rutin dapat memberikan dampak positif bagi kesehatan tubuh. Diantaranya yaitu produksi zat apo B oleh sel hati dapat dicegah dengan aktifnya zat limomin. Zat apo B inilah yang berperan dalam meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh. 

6. Melancarkan percernaan
Kandungan zat aktif pada air jeruk dapat memperbaiki kinerja usus besar dan lambung dalam sistem pencernaan. Kandungan seratya membantu melancarkan kinerja usus besar dalam pembuangan tinja sehingga terhindar dari sembelit dan sakit perut.

7. Meningkatkan sistem imun
Air jeruk nipis memiliki kandungan vitamin B seperti vitamin B6, tiamin, niacin serta asam pantotenat yang membantu meningkatkan kinerja sistem syaraf pusat dan mendukung sistem imun. Rutin mengonsumsi air jeruk nipis hangat efektif mencegah tubuh mudah sakit.

8. Mengobati peradangan 
Jeruk nipis mengandung vitamin A dan kolin yang dapat membantu proses penyembuhan peradangan dan membantu terbentuknya sel-sel baru. Selain itu, jeruk nipis juga mengandung folat yang penting bagi ibu hamil.

Minum jeruk nipis hangat secara rutin di malam hari mampu meningkatkan kesehatan tubuh. Namun, tentu kadarnya harus disesuaikan agar tidak berlebihan. Semoga bermanfaat. 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Rajin Minum Air Jeruk Nipis Hangat? Ini Manfaatnya!

4 comments: