Blog Tentang Wanita Khususnya Kesehatan, Kecantikan dan Gaya Hidup

Thursday 28 January 2016

Tetap Sehat Saat Mestruasi dengan 5 Olahraga Ini

Menstruasi memang siklus bulanan wanita yang harus dimaklumi. Saat menstruasi, umumnya wanita juga mengalami berbagai masalah mulai dari rasa kram di perut, mudah lelah, otot-otot sakit hingga masalah psikis seperti mudah marah dan mudah berubah suasana hatinya. Dengan kondisi seperti ini, olahraga menjadi hal yang sangat memberatkan. 

Tetap Sehat Saat Mestruasi dengan 5 Olahraga Ini

Padahal berolahraga saat mentruasi justru dapat menghilangkan gejala-gejala tidak nyaman dan berbagai masalah tersebut. Tubuh menjadi lebih aktif dan perasaan pun menjadi lebih semangat. Namun, tak semua olahraga disarankan saat menstruasi. Hindari olahraga yang terlalu berat. Sebaiknya olahragalah dengan 5 olahraga ini.

1. Olahrga kardio
Jenis-jenis olahraga kardio yang bisa Anda pilih yaitu jalan, jogging, bersepeda, dan olahraga sejenisnya. Olahraga kardio ini bagus untuk menaikkan kadar hormon endorfin sehingga rasa sakit di perus bisa berkurang. Selain itu, efek endorfin juga membantu mengatasi sakit kepala dan kram. Jika saat menstruasi Anda sering mengalami keluhan kram atau sakit kepala, maka mulailah melakukan olahrga kardio.

2. Dansa
Dansa tidak hanya jenis tarian namun juga gerakan olahraga yang dapat membakar kalori di tubuh. Sehingga, tidak hanya menyenangkan dan memperbaiki suasana hati, tapi juga efektif membuat tubuh Anda sehat meskipun saat sedang menstruasi.

3. Latihan kekuatan
Latihan kekuatan seperti mengangkat beban juga bisa menjadi pilihan olahraga yang menarik. Saat menstruasi, hormon estrogen menurun drastis sehingga jenis olahraga ini lebih mudah dilakukan. Namun ingat, jangan memaksakan diri mengangkat beban yang terlalu berat. Karena dapat membuat otot kram di area perut. 

4. Peregangan
Melakukan peregangan dapat merilekskan otot dan mengurangi rasa kram di perut. Lakukan gerakan peregangan yang Anda bisa. Seperti duduk berbaring, kemudian bawa lutut menuju dada. Bernapaslah lewat perut dan lakukan hingga beberapa kali. 

5. Berenang
Berenang efektif melancarkan aliran darah di seluruh tubuh. Sehingga membantu meredakan rasa kram dan nyeri saat menstruasi. Selain itu, renang juga dapat membuat perasaan lebih rileks dan menyenangkan. 

Menstruasi bukan halangan untuk tetap melakukan olahrga. Olahraga yang dilakukan saat menstruasi dapat mengatasi berbagai masalah, seperti nyeri, kram, sakit kepala hingga membuat suasana hati lebih baik.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tetap Sehat Saat Mestruasi dengan 5 Olahraga Ini

0 comments:

Post a Comment